Berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 pasal 71 tentang Desa menyatakan bahwa Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang,serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban. Disamping itu Hak dan Kewajiban dapat menimbulkan pendapatan, belanja, pembiayaan desa dan pengelolaan keuangan desa. Seluruh pendapatan desa diterima dan disalurkan melalui rekening kas desa serta penggunaannya ditetapkan dalam APBDesa. Selain itu pencairan dana dalam rekening kas Desa ditandatangani oleh Kepala Desa dan Bendahara Desa.

Oleh sebab itu, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bondowoso menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2017.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Seluruh Kecamatan Se Kabupaten Bondowoso dengan mengundang masing – masing Kepala Desa dan perngkatnya di setiap Kecamatan.

Menurut Kepala BPKAD, Drs. Hj. Farida, M.Si, bimtek yang digelar oleh BPKAD selaku pejabat Pelaksana ditingkat OPD, dirasa perlu untuk menambah pengetahuan aparatur desa terutama peraturan yang terus mengalami perubahan.

“Kami berharap, para peserta Bimtek bisa lebih memperluas informasi dan teknis terkait kebijakan-kebijakan dan terus berusaha untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan tupoksi masing-masing aparatur desa,” pungkasnya.(bpkad)